Masukan Kode iklan atau Gambar yang anda inginkan di sini

Minggu, 19 Juni 2011

Membuat Server Proxy dengan CCProxy

Saya mau buat warnet tapi gak mau pake linux sebagai servernya, saya masih gak ngerti kutak katik dan gak hafal perintahnya. Ada gak solusi buat saya?
Itu pertanyaan yang di ajukan oleh teman saya yang lagi kelebihan ‘duit’ hasil kerja di negeri minyak. Beliau ingin mendirikan warnet di lingkungan tempat tinggalnya di Kalimantan.
Ya, saya gak tahu banyak tentang lisensi Windows yang dia miliki jadi saya berasumsi semuanya sudah OK permasalahan yang ada tinggal di server proxy :-)
Saya segera merekomendasikan untuk menginstall ccproxy, software yang juga di rancang untuk membagi koneksi internet ke banyak komputer. Cukup install di windows xp yang di miliki sudah bisa jalan bisnisnya, sembari mulai oprek server dengan sistem operasi lain seperti linux, bsd atau lainnya.
Proses install ccproxy ini secara umum :
1. Download softwarenya dari sini.
2. Install biasa seperti software2 lain  di sistem operasi windows.
3. Jalankan programnya untuk di konfigurasi
Klik ‘Options


4. Protocol dan IP address

Bagian paling penting di sini ada 2 :
  • Protocol HTTP/RSTP -> 8080
  • Local IP Address -> 192.168.12.100
Protocol HTTP/RSTP  8080 maksudnya adalah setting yang harus di masukkan di sisi connection settings client :
Tampilan connection settings di browser Firefox

Tampilan connection settings di browser internet explorer

Local IP Address, ini alamat lokal yang ada di komputer server yang di install ccproxy.
Biasanya di komputer tersebut ada 2 buah lan card yang masing-masing di beri alamat :
  • Ip publik (ini biasanya di berikan oleh isp)
  • IP lokal / lan (ini biasanya kita yang menentukan)
Sampai di sini dengan asumsi komputer server sudah terkoneksi ke internet maka pembagian akses via proxy ini sudah bisa di lakukan ;-)
Selamat berselancar bro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar ke blog ini