Masukan Kode iklan atau Gambar yang anda inginkan di sini

Selasa, 28 Juni 2011

Bingung juga mau nulis apa lagi di Blog, inginnya sih diisi postingan serius gitu lah.. eh yang jadi malah setengah iseng (berarti setengah serius dong hehehe). Isi tulisan kali ini ya sesuai dengan judulnya, biarpun mungkin rada cupu, tapi kadang ini suka berguna. Mari kita simak kisah dua sahabat ‘Faisal dan Salman’ di bawah ini…
Skenario 1:
“Camera roll..”
“Action!”
Suatu hari yang cerah ditemani kicauan burung nan merdu.. semilir angin berhembus, terdengar sayup-sayup suara…………..jreng3x (gak penting wooii.. prolognya kepanjangan pula..)
jadi ceritanya si Faisal ini sedang ngenet dengan nyolokin kabel LAN dari switch ke laptopnya, lalu tiba-tiba aja dateng sobatnya si Salman bawa laptop pula, rencananya mau ikutan ngenet, tapi… alangkah kuciwanya Salman tatkala mengetahui gak ada kabel lagi buat nyolok.. kebetulan Faisal emang anak baik (lebai ah), dia sharing koneksi internetnya ke sobatnya itu, caranya yaitu dengan menshare koneksi LAN dia ke koneksi Wirelessnya. (Control Panel>Network Connections>klik kanan Local Area Connection>properties>pilih tab advanced>centang opsi Internet Connection Sharing>pilih Wireless Network Connection di tujuan sharing).
Kemudian dengan sabarnya dia membuat koneksi wireless adhoc dari Laptopnya ke Laptop Salman (Wireless Connection>setup new wireless network>buat koneksi Ad Hoc dengan enkripsi WPA atau WEP) dan mensetting IP address Laptop Salman (Control Panel>Network Connections>klik kanan network adapter yg mau diubah IPnya>klik properties>di tab general pilih Internet Protocol>klik properties) se-subnet dengan IP address dari Wirelessnya Faisal (setting default di Windows biasanya 192.168.0.1)
Skenario pertama ini bisa digambarkan sebagai berikut:
Singkat kata, akhirnya mereka pun bisa ngenet bersama-sama, selamanya.. selamanya.. (>_> apaan seh)
Skenario 2:
Pokoknya cerita dan latarnya hampir sama (maksa bgt dah), cuman bedanya kali ini Faisal konek ke Internetnya pakek WiFi (oh ya saya belum cerita ya kalau disitu itu baru aja ada hotspot) dan kebetulan kali ini laptop cupunya Salman gak bisa konek (entah karena koneksinya dipassword atau emang di Laptopnya adapter networknya cuman Ethernet doang, ini gak diceritain sama sutradaranya, bahkan konon si pembuat naskah ceritanya pun bingung… haha) kemudian, Faisal yang emang anak baik, dia sharing koneksi internetnya ke sobatnya itu. Nah caranya yaitu dengan nyambungin kabel LAN tipe cross dari Laptopnya ke Laptop Salman dengan terlebih dahulu mengassign IP address se-subnet pada keduanya (semua caranya sama dengan skenario sebelumnya, hanya beda network adapter yg diubahnya aja).
Kalau mau digambarin mungkin kek gini lah bentuknya:
Eh bentar ada yang ketinggalan: IP DNS yg diisi di Salman samain dengan IP DNS yg diisi di Faisal. Untuk troubleshootingnya coba cek ipconfig /all terus cobain ping sana sini nyambung gak.. at last, happy ending \(^o^)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar ke blog ini